Pluto Mungkin Menyimpan Kehidupan di Bawah Permukaannya

AFP PHOTO / HANDOUT / NASACitra daerah dekat khatulistiwa Pluto, mengungkapkan sebuah kejutan; berbagai pegunungan muda setinggi 3.500 meter di atas permukaan tubuh es. Pegunungan kemungkinan terbentuk tidak lebih dari 100 juta tahun yang lalu.


Pluto mungkin menyimpan kehidupan di bawah permukaannya. Fisikawan dari University of Manchester, Brian Cox, mengungkapkan hal itu berdasarkan hasil pengamatan wahana New Horizon yang melintas dekat planet kerdil itu bulan lalu.


Cox mengatakan, informasi tentang Pluto yang telah dikirim ke Bumi sudah memberi harapan besar Pluto mampu mendukung kehidupan.



Permukaan Pluto kaya akan pegunungan es, sangat tidak mungkin kehidupan berada di sana. Namun bawah permukaannya mungkin menyimpan lautan yang cukup hangat untuk tempat tumbuh suburnya kehidupan.



Cox mengatakan, "New Horizon" menunjukkan kepada Anda kemungkinan adanya lautan di bawah permukaan Pluto, yang artinya, bila pemahaman kita tentang kehidupan di Bumi tepat, Anda bisa menjumpai kehidupan di sana (Pluto)."



Hingga saat ini, belum banyak yang dipahami tentang obyek yang ditendang dari posisinya sebagai planet pada tahun 2006 itu. Dari keseluruhan data yang didapatkan New Horizon, baru 5 persen yang terkirim ke Bumi.



Minggu depan, akan ada lebih banyak lagi data yang diterima. Data itu meski besar belum akan cukup untuk membuktikan adanya lautan di bawah permukaan Pluto, apalagi adanya kehidupan.



Meski begitu, dengan melihat bulan-bulan di sekitar Jupiter dan Saturnus yang telah terbukti memiliki lautan bawah permukaan, lautan di Pluto sangat mungkin.



Cox mengingatkan, walaupun kehidupan mungkin ada di Pluto, bentuknya mungkin akan sangat berbeda dengan di Bumi. Bukan berarti ikan dan tumbuhan laut ada di sana.



"Apa yang sains katakan kepada kita adalah bahwa kehidupan kompleks itu langka. Kita secara fisik sangat tidak signifikan dan mungkin sangat berharga," katanya seperti dikutip The Independent, Senin (31/8/2015).


Share on Google Plus

About Ulayat Blog

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar