Perahu Berpenumpang 70 Orang Tenggelam di Perairan Malaysia

Kompas.com/Ronny Adolof Buol


Sebuah perahu yang mengangkut sedikitnya 70 orang karam di perairan bagian barat Malaysia.

Menurut Mohamad Aliyas Hamdan, selaku kepala dinas penjaga pantai setempat, peristiwa itu terjadi dekat Kota Sabak Bernam di Negara Bagian Selangor.

Sejauh ini, kata Aliyas kepada kantor berita AFP, sebanyak 13 orang meninggal dunia dan 13 lainnya dapat diselamatkan para nelayan setempat.

Jumlah pasti penumpang di dalam kapal belum diketahui. Namun, nelayan setempat memperkirakan jumlahnya berkisar antara 70 hingga 100 orang.

“Kami telah mengerahkan 12 kapal, sebuah pesawat, dan sekitar 200 petugas untuk menjalankan misi pencarian dan penyelamatan para korban,” kata Aliyas.

Sejauh ini, para petugas belum menanyai para korban selamat untuk memastikan kewarganegaraan mereka. Beberapa di antara korban telah dibawa ke rumah sakit Teluk Intan di Negara Bagian Perak.

“Kami belum yakin apakah mereka ingin mendarat di Malaysia atau mencoba meninggalkan Malaysia secara ilegal,” ujar Aliyas.

Para penumpang di kapal tersebut diyakini berasal dari Indonesia.

Pada Juni lalu, sebuah kapal yang mengangkut 97 migran asal Indonesia karam di perairan bagian barat Malaysia. Insiden itu mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia.


Editor: Farid Assifa
Sumber: bbcindonesia.com

Share on Google Plus

About Ulayat Blog

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar