Pertemuan Deadlock , Warga minta lahan "SIL janjikan kebun Plasma"


Pertemuan antara warga dan PT Sandabi Indah Lestari ( SIL ) di Kantor Camat Seluma Barat kemarin, tanpa suatu keputusan apa pun (dead lock ). Kedua pihak yang tersenggeta tetap ngotot dengan pendirian masing-masing. Bahkan sejumlah warga sangat kecewa dengan pertemuan ini.

Kekecewaan warga ini misalnya terlihat saat akan membacakan doa dibagian akhir acara. “Doa apo, belum ado penyelesaian sudah berdoa” kata dua orang warga sembari meninggalkan ruang pertemuan.

Sementara saat pertemuan,warga meminta agar lahan eks PT . Way sebayur tersebut dikembalikan kepada masyarakat. Lahan tersebut biar masyarakat yang menggarapnya,“ tolong perhatikan nasib kami rakyat kecil ini, kalau kami ini mencari makan. Kalau pt itu (SIL,red ) sudah kaya. Kami tidak perlu PT ,tapi kami butuh lahan. Kami bukan ingin menjadi karyawan PT . sandabi ,” tandas fatmawati yang mengaku warga lunjuk kecamatan seluma barat saat pertemuan.

Pada umumnya , warga meminta lahan eks PT. ay sebayur tersebut dikembalikn kepdam masyarakat. Diberikan kepada warga yang sudah menggarapnya .Menanggapi ini PT, SIL rebut prahoro menjadikan ada nya pembukaan lahan plasma. Namun diluar hak guna usaha ( HGU )yang dikantongi seluas 2.812 hektar. Dlam rangka untuk membantu warga untuk menggarap lahannya sendri.Terkait atas kesalahan warga atas ketidakhadiran direktir PT SIL, Ribut Prahoro mengatakan direkturnya akan datang dan bertemu dengan masyarakat . dia mengatakan direktur akan datang saat pendapat (hearing) dengan komsi I DPRD besok.

“Untuk pertemuan hari ini (kemarin),beliau memang belum bisa datang. Buakan tidak mau mungkin mempertimbangkan Kenyamanan dan keamana beliau juga ,” kata rebut prahoro.Pertemuan dipimpim Camat Seluma Barat Adiman,SH,MM. Hadir camat lubuk sandi badri Mahmud, S.sos , kapolsek tais `AKP Merson Masluhadi, S.Psi, Kapolsek sukaraja IPTU satria Dwi Darma. Rebut prahoro di dampingi dau pengacara PT . SIL Rahmat SH dan Henny Angreany SH,MH. Turut hadir sejumlah kades yang wilayah nya masuk eks PT way sebayur.Dewan panggil PT.SIL dan MMS

Setelah petemuan dengan warga di kantor camat seluma barat,besok PT .sandabi indah lestari (SIL) di undang ke DPRD.Bukan hanya PT SIL, tapi juga PT mutiara Sawit Seluma (MMS) yang membuka lahan perkebunan di wilayah Talo dan sekitar.Secretariat komisi I DPRD Seluma Gusman Gumanti,SE mengatakan pertemuan di bagi menjadi dua sisi. Petama dengar pendapat (hearing) dengan PT SIL ,pukul 09.00 WIB samapai selesai ini sehubungan dengan dengan sengketa PT.SIL dengan warga.

Kemudian pukul 14.00 WIB akn di lanjutkan hearing dengan PT MMS. Ini berkaitan dengan mencuatnya penolakan sebagian masyarakat atas kehadiran PT MMS dikawsan gunung surau,dadap jadi, air suban,bali dan sekitarnya. Selain mengundang kedua PT yang bergerak dibidang perkebunan sawit tersebut,komisi satu juga menghadikan badan pelayan prizinan terpadu (BPPT). Dinas pertanian Pertternakan dan perkebunan  (Distanakbun)  badab pertanahan nasional (BPN) seluma, Dinas pendapatan,pengelolaan keuangan dan aset  daera (DPPKAD) serta camat terkait.

Published Ulayat Bengkulu  Rakyat Bengkulu Selasa, 3 Mei 2011

Share on Google Plus

About Ulayat Blog

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar