'85 Juta Ponsel di Indonesia Sudah Bisa Akses Internet'

Jakarta - Total pelanggan telekomunikasi seluruh operator di Indonesia kini mencapai 170 juta. Separuh di antaranya, atau sekitar 85 juta, saat ini diyakini sudah menggunakan ponsel yang mempunyai kemampuan minimal GPRS untuk mengakses internet.

"Dari database pelanggan para operator telekomunikasi di Indonesia, separuhnya sudah menggunakan ponsel GPRS," kata Budi Hardjono, Head of Marketing Mobile Data Services XL Axiata, di Euphoria, Jakarta, Kamis (3/6/2010).

XL sendiri mencatat, dari total 32,6 juta pelanggan selulernya, 16,6 juta di antaranya sudah memiliki ponsel GPRS enable. "Saya rasa operator lain juga tak jauh beda datanya," kata Budi lagi.

Dari 16,6 juta ponsel GPRS itu, 13,5 juta di antaranya diklaim sebagai pengguna data internet aktif XL yang punya kebiasaan mengakses jejaring sosial, mengirim email, chatting, dan mengirimkan pesan multimedia MMS dengan trafik per hari mencapai 500 ribu pesan.

"Maraknya ponsel-ponsel dari China yang masuk ke pasaran turut membantu peredaran ponsel dengan kemampuan akses internet lewat GPRS juga," pungkas Budi.

Di lain kesempatan, Telkomsel juga sempat mengungkapkan dari 86 juta pelanggan selulernya, 14 juta di antaranya menggunakan akses data internet dengan koneksi minimal GPRS. Hingga akhir tahun, operator itu berharap bisa menambah pelanggan data internetnya jadi 20 juta.
( rou / ash )

Sumber:
DetikInet
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar