Liputan TV Real Time via Teknologi LTE

Jakarta - Jaringan seluler 4G berbasis teknologi LTE (Long Term Evolution) kini menawarkan update solusi terbarunya, yakni menghadirkan liputan siaran video langsung dengan konsep end to end solution.

LTE untuk liputan video real time ini diperkenalkan oleh Alcatel Lucent (ALU) saat mendukung program siaran langsung German Grand Prix World Match Racing Tour, sebuah lomba perahu layar internasional yang berlangsung 19-24 Mei, 2010, di Danau Constance, Jerman.

Penggunaan teknologi LTE 4G ini menggantikan video streaming 'tradisional' yang memerlukan persiapan yang kompleks. Hal ini menunjukkan bahwa LTE dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap transmisi konten video pada acara olah raga secara langsung.

Ajang Grand Prix di Jerman dapat dilihat melalui siaran video secara langsung dari dek yang diambil oleh kamera onboard dan dikirim melalui LTE ke studio produksi di darat. Solusi ini mengusung jaminan kecepatan data berkecepatan tinggi, koneksi yang bisa diandalkan dan berkualitas tinggi.

Semuanya menunjukkan cara baru bagaimana sebuah liputan video untuk acara olah raga berskala besar dapat tersaji ke pemirsa di seluruh dunia.

"Berkat kemitraan dengan ALU, kompleksitas yang berkaitan dengan penyampaian konten video ke studio TV berkurang secara signifikan," kata Eberhard Magg, Managing Director, Match Race Jerman, dalam keterangannya yang diterima detikINET, Selasa (25/5/2010).

Secara keseluruhan solusi ini disebut sebagai arsitektur High Leverage Network, yakni penyediaan kapasitas yang cukup untuk lalu lintas data yang terus tumbuh dengan biaya per bit terendah.

"Event ini menunjukkan bahwa ALU berada di garis depan untuk memperkenalkan manfaat baru secara teknologi dan komersial melalui portofolio teknologi mobile dan fixed di segmen 4G," ujar Erich Zielinski, End to end 4G/LTE Solutions ALU.

Untuk proyek Grand Prix ini, ALU menyiapkan jaringan end to end yang lengkap untuk mengirimkan siaran video secara langsung dari kapal-kapal layar ke area penonton.

Jaringan LTE Alcatel-Lucent menjangkau 4-5 kilometer area lomba di Danau Constance, Kressebronn dan kota Langenargen di mana pusat kendali siaran TV via LTE berada.
( rou / ash )

Sumber:
DetikInet
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar