'Wimax Harus Jalan di 2010'

Jakarta - Worldwide Interoperability for Microwave Access (Wimax) harus bisa diimplementasikan tahun ini. Selain karena teknologinya sudah siap, operator juga sudah mengeluarkan uang banyak untuk biaya lisensi.

Demikian dituturkan oleh Direktur IT dan Supply PT Telkom, Indra Utoyo saat ditemui detikINET di kampus Institut Teknologi Bandung.

"Harus. Tahun ini harus siap. Kita kan sudah bayar lisensinya, dan itu tidak murah," katanya.

Bagi Telkom, Indra melanjutkan, Wimax akan dipergunakan untuk melengkapi layanan Speedy dan 3G miliknya.

"Sehingga daerah yang selama ini tidak bisa kita layani, bisa dilayani dengan Wimax. Jadi untuk melengkapi layanan kita," ujar pria berkacamata ini.

Ditanya sejauh mana kesiapan Telkom untuk menggelar layanan broadband pita lebar ini, Indra mengaku saat ini untuk layanan Wimax telah masuk ke komite investasi.

"Komite investasi ini yang nanti akan menentukannya. Biasanya tidak lama lagi kalau sudah masuk. Tinggal tunggu saja. tidak lama lagi," ungkapnya.

Indra pun optimistis bahwa layanan ini bakal diterima oleh masyarakat. Sementara masalah perangkat yang masih mahal pada dasarnya bisa diselesaikan dengan penggunaan bersama.

"Teknologi ini memungkinkan jangkauan yang lebih luas. Jadi tinggal taruh disimpul-simpul yang memiliki potensi. Kita akan gelar secara bertahap dengan adanya pesanan," katanya.( afz / ash )

Andrian Fauzi - detikinet


Sumber=
http://www.detikinet.com/read/2010/05/08/094556/1353428/328/wimax-harus-jalan-di-2010
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar