Dengan "Wi-fi" Saja Luar Biasa, apalagi "Wimax"...

SURABAYA, KOMPAS.com — Dana pembangunan kantor Dewan Perwakilan Daerah atau DPD Rp 30 miliar di setiap provinsi cukup untuk membangun infrastruktur wimax di lima kabupaten di Jawa Timur. Manfaatnya akan lebih terasa pada masyarakat.

Profesional teknologi informatika, Deasy Prasetyo, mengatakan, Surabaya dan empat kabupaten di sekelilingnya bisa punya infrastruktur wimax berkualitas terbaik dengan dana sebesar itu. Perkembangan ekonomi akibat dampak berantai pembangunan itu akan luar biasa.

"Dengan wi-fi saja, perkembangan industri teknologi informatika sudah luar biasa. Apalagi, kalau wimax dibangun," ujarnya di Surabaya, Sabtu (10/4/2010).

Wimax memungkinkan pengantaran data lebih cepat dan stabil serta jangkauan lebih luas. Wi-fi hanya bisa stabil hingga beberapa puluh meter. Sementara wimax bisa menjangkau hingga 30 kilometer.

Penggunaan wimax memungkinkan voice over internet protocol (VoIP) dan internet protocol television (IPTV) digunakan secara massal karena mudah dan murah. Pemassalan itu akan mendorong industri konten atau bahkan industri manufaktur perangkat keras teknologi informasi di dalam negeri.

Wimax juga dapat digunakan sebagai jaringan cadangan untuk GSM pada telepon seluler. Wimax diyakini akan menekan biaya pengiriman data karena kapasitas lebih besar dan jangkauan lebih luas. Namun, investasi awal pembangunan wimax untuk saat ini masih cukup mahal.



Laporan wartawan KOMPAS Kris R Mada

Sumber:
http://regional.kompas.com/read/2010/04/10/13464256/Dengan.Wi-fi.Saja.Luar.Biasa..apalagi.Wimax...
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar