Gedung Tertinggi Dunia Burj Dubai


Gedung Burj Dubai akan resmi digunakan sebagai bangunan tertinggi di dunia. Bangunan pencakar langit di kota Dubai itu diresmikan oleh pemerintah Uni Emirat Arab, Senin (4/12) waktu setempat.

Peresmian Burj Dubai berlangsung sesuai jadwal kendati pemerintah Emirat Dubai tengah diguncang krisis keuangan terkait dengan masalah pembayaran utang yang menimpa perusahaan investasi Dubai World dalam beberapa bulan terakhir. Memiliki lebih dari 160 tingkat dan tinggi 818 meter, Burj Dubai mengungguli bangunan tertinggi di Taiwan, Taipei 101, yang berketinggian 508 meter. "Kami dulunya tidak yakin seberapa tinggi kami bisa membangun gedung ini," kata Bill Baker, salah seorang seorang arsitek Burj Dubai, yang turut menghadiri peresmian.

Tadinya, menurut Baker, Burj Dubai hanya ingin dibuat lebih tinggi 10 meter dari Taipei 101. Namun, Eemar Properties sebagai perusahaan pengembang, ingin agar bangunan yang mereka biayai itu dibuat lebih tinggi 300 meter.

Di bawah penjagaan super ketat, peresmian Burj Dubai akan dimeriahkan oleh penyalaan kembang api pada Senin malam waktu setempat (Selasa dini hari WIB). Mayor Jenderal Mohammed Eid al-Mansouri, pejabat kepolisian Dubai mengungkapkan bahwa mereka akan mengerahkan lebih dari 1.000 personil untuk mengamankan peresmian gedung itu.

Pembangunan Burj Dubai dimulai pada 2004 dan dilakukan hampir setiap hari. Pembangunan setiap lantai hanya memakan waktu tiga hari dengan mengerahkan ribuan tenaga kerja, yang sebagian besar dari India. Pada Januari 2007 saja, mereka berhasil membangun 100 tingkat.

Burj Dubai digunakan sebagai gedung perkantoran dan apartemen mewah. Selain itu juga terdapat hotel yang didesain khusus oleh perancang ternama, Giorgio Armani. (AP)
Sumber TVOne
Share on Google Plus

About Portal Ulayat

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar