Google Tercatat sebagai Penguna Trafik Internet Terbesar, sampai 6% dari Kapasitas Internet.

Koneksi internet dari level 1 dan 2 sudah digantikan oleh perusahaan berbasis web

5 tahun lalu jaringan internet dikelola oleh peringkat 1 atau backbone seperti perusahaan AT & T, Verizon, Level 3 Communications dan Global Crossing di Amerika. Disana dibagi lagi menjadi ribuan koneksi tingkat 2 atau ke jaringan regional yang lebih rendah. Sekarang sudah berubah, bukan dari ribuan jaringan yang ada yang menguasai internet, tetapi hanya 150 jaringan yang mengendalikan separuh trafik internet dunia.

Siapa yang terbesar, Google. Mengunakan trafik internet sebesar 6% diseluruh dunia. Data dari Arbor Network yang melaporkan hasil studi selama 2 tahun dan mempelajari 256 exabytes trafik data internet.

Bukan Google saja yang memegang kendali, tetapi ada 30 perusahaan besar yang mengunakan trafik internet paling banyak. Misalnya facebook, Microsoft dan YouTube tercapat memiliki mengunakan trafik sekitar 30%. Mengatakan level 1 dan level 2 sebenarnya sudah tidak ada lagi. Level 2 sudah dikuasai oleh beberapa situs terbesar didunia. Perusahaan internet besar juga mengambil perusahaan yang lebih kecil dengan nilai milyaran dollar.

Perusahaan komunikasi jaringan khusus internet terbesar semakin menjadi lebih besar atau disebut Hyper Giants untuk inti di jaringan internet. Perusahaan kelas Hyper Giants yang masuk daftar seperti Akamai, Limelight, BitGravity, Highwind dan Gravity bukanlah sebuah perusahan telekom. Perusahaan tersebut bertugas mengirim data dalam kapasitas sangat besar untuk melayani perusahaan tertentu kedalam jaringan baru backbone internet .

Dominasi lain adalah media Streaming seperti P2P. Tetapi hanya dalam 2 tahun saja melalap 40% lalulintas data di internet, jaringan P2P terlihat mulai menurun sampai 18%. Mengapa berubah. Ketika Napster dan Limewire yang pernah mendominasi trafik internet dalam kontain multimedia. Saat ini sudah digantikan oleh Youtube, Hulu dan Netflix. Trafik web video di jaringan internet tercatat sekitar 20%.

Sekitar 52% jaringan internet masih didominasi oleh web (52%), atau naik dari 42% dibandingkan angka tahun 2007. Sisanya dari jaringan internet hanya untuk jaringan email dan jaringan pribadi

Sumber=
http://obengware.com/news/index.php?id=4999
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar