Mendownload music lebih ramah lingkungan

Dibandingkan membeli CD

Mendownload dan mendengarkan music dari versi download , berdampak lebih baik untuk lingkungan dibanding membeli CD ke toko.
Kenapa ?, karena menghindari pembuangan gas karbon ketika sebuah CD dibuat.
CD membutuhkan produksi dari material plastik, pengemasan, pencemaran udara, dan pengiriman via udara sampai waktu untuk membeli, kendaraan, toko yang membuat energi listrik serta hal lainnya.

Untuk membeli CD sampai di toko musik, rata rata seorang harus berkendaran dan membuang gas CO2 dalam jumlah 3.200g. BIla mendownload hanya menghasilkan gas buang CO2 sampai 400g.
Hitung saja penjualan musik CD dari iTunes, dengan total 6 milyar lagu yang telah didownload. Asumsi dengan 12 lagu disetiap album CD, maka angka tersebut setara denga 500 juta CD.
Untuk membuat 500 CD akan menghasilkan emisi karbon sampai 1.6 juta ton metrik. Dibandingkan sistem musik digital yang hanya mengeluarkan gas emisi sampai 200 ribu ton metrik saja.

Sumber:
http://obengware.com/news/index.php?id=4744
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar