Indonesia Pinjam Rp 250 Miliar untuk TV Digital

Jakarta - Pemerintah Indonesia memperoleh pinjaman lunak 17, 6 juta euro atau sekitar Rp 250 miliar dari pemerintah Spanyol untuk membangun akses pemancar siaran digital di daerah terpencil dan perbatasan selama 2-3 tahun.

"Pinjaman ini 100% untuk pembelian transmisi menara pemancar digital TVRI saja, bukan untuk produksi set top box," kata Dirjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Depkominfo, Freddy Tulung, saat penyerahan simbolis set top box gratis untuk uji coba siaran digital, di gedung Depkominfo, Jakarta, Jumat (26/6/2009).

Menurut dia, alasan pemerintah RI untuk membangun akses di perbatasan, tak lain karena masukan dan keluhan dari warga di area tersebut yang lebih mudah menangkap siaran asing ketimbang dalam negeri. "Kami tak ingin rasa nasionalisme mereka luntur karena hal ini," sambung Freddy.

Siaran digital sendiri sampai saat ini masih dalam tahap uji coba sejak Agustus 2008 lalu. Diharapkan akhir 2009 nanti, uji coba yang dilangsungkan di area Jabodetabek dengan cara membagikan 1000 set top box gratis, sudah bisa rampung. Saat itu juga, pemerintah berharap bisa mulai menerbitkan regulasi sekaligus mengeluarkan izin frekuensi siaran digital.
( rou / faw )


Oleh= Achmad Rouzni Noor II - detikinet

Sumber=
http://www.detikinet.com/read/2009/06/26/160623/1154708/328/indonesia-pinjam-rp-250-miliar-untuk-tv-digital
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar