Hutang US$ 80 Juta Demi Set Top Box Gratis

Jakarta - Pemerintah Indonesia mendapat pinjaman lunak US$ 80 juta dari pemerintah Spanyol. Uang sebanyak itu akan digunakan untuk memproduksi perangkat set top box secara masal bagi masyarakat pelosok desa dan perbatasan.

Dirjen SKDI Freddy Tulung mengungkapkan demikan di sela kerjasama TV digital antara TVRI dan LG, di gedung TVRI, Jakarta, Selasa (9/6/2009).

Harga Rp 350-400 ribu untuk set top box yang berfungsi sebagai perangkat konversi sinyal analog ke siaran digital, diakui Freddy, memang masih lumayan mahal untuk masyarat pelosok.

"Harga ini cuma bisa dijangkau masyarakat kota besar saja. Oleh sebab itu, untuk daerah pelosok dan perbatasan, pemerintah akan bantu sediakan set top box secara gratis dengan pinjaman lunak dari pemerintah Spanyol sebesar US$ 80 juta," ujarnya.

Total keseluruhan, pemerintah Indonesia menargetkan dapat mengalokasikan 200-400 ribu set top box per tahun, selama delapan tahun sampai 2018. Saat itu, siaran analog yang saat ini masih dinikmati masyarakat, resmi dihentikan dan diganti dengan siaran digital.

"Untuk produksi set top box masal ini, kami menunjuk PT INTI dan PT Istana
Teknologi," tandas Freddy.

Oleh= Achmad Rouzni Noor II

Sumber=
http://www.detikinet.com/read/2009/06/09/173055/1145037/328/hutang-us--80-juta-demi-set-top-box-gratis
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar