Gajah Bengkulu Terancam Punah

Jum'at, 20 Maret 2009 23:16

Kapanlagi.com - Populasi gajah liar di Provinsi Bengkulu terancam punah, akibat maraknya pembalakan liar dan perambahan liar yang mulai masuk ke kawasan Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat, Kabupaten Bengkulu Utara.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Drs Andi Basrul melalui Koordinator Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat, Aswin Bangun, di Bengkulu, Jumat (20/3) mengatakan, jika kegiatan tersebut tidak segera dihentikan maka habitat gajah di PLG Seblat terancam punah, karena terputusnya hutan koridor yang menghubungkan PLG dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

"Kita sangat sulit mengatasi kegiatan perambahan liar tersebut karena kurangnya bantuan dari aparat setempat," katanya.

Tugas penertiban terhadap perambah saat ini relatif hanya dilakukan oleh petugas BKSDA, padahal jumlahnya terbatas, karena itu hasilnya tidak maksimal. Aswin mengatakan, dari 6.865 hektare luas kawasan PLG Seblat lebih kurang 1.500 hektare sudah rusak berat, akibat pembalakan dan perambahan liar tersebut.

Oleh karena itu, untuk menyelamatkan PLG Seblat sangat dibutuhkan dukungan semua pihak untuk ikut serta melakukan pengamanan, termasuk aparat terkait dari Pemda di lokasi PLG berada.

Ketika ditanya, ia mengaku sudah berulang kali meminta bantuan pihak terkait seperti Dinas Kehutanan, Polres dan Polsek setempat tapi bantuan tersebut sifatnya hanya sementara waktu.

"Mengetahui ada penertiban gabungan, perambah tidak melakukan kegiatan, tapi setelah petugas tidak razia lagi mereka kembali melaksanakan aktivitasnya," ujar Aswin.

Jika pembalakan dan perambahan di PLG tidak segera dihentikan, maka habitat gajah liar di Provinsi Bengkulu terancam punah, karena tidak ada lagi areal tempat tinggal gajah. Hampir 85% dari jumlah gajah liar yang ada di Bengkulu berada di luar kawasan TNKS dan PLG. (kpl/bar)
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar