Dua Gajah Patroli Hutan Tewas Ditembak

Dua gajah itu jadi sasaran kekesalan pembalak liar yang beroperasi di taman nasional.

Selasa, 31 Maret 2009, 17:23 WIB
Elin Yunita Kristanti

VIVAnews - Dua Gajah Sumatera tewas terbunuh di Taman nasional Kerinci, Sumatera. Jasad kedua gajah betina berusia 20 tahun itu ditemukan sekian ratus meter dari pos patroli taman nasional, pagi ini. Sebutir peluru bersarang di kepala masing-masing gajah.
Apa motif penembakan tersebut masih diselidiki. Namun, "para penembak diduga profesional," kata Kepala Konservasi, Andi Basrul, seperti dikutip dari AP, Selasa 31 Maret 2009.

Andi Basrul menduga, dua gajah itu jadi sasaran kekesalan para pembalak liar yang beroperasi di taman nasional. Para pembalak liar itu lantas memerintahkan penembak profesional membunuh keduanya.

Gajah-gajah tersebut bisa jadi dianggap sebagai penghalang aksi para pembalak liar yang ingin menebangi semua kayu dan mengubah lahan taman nasional menjadi perkebunan kelapa sawit. Sebab, dua gajah itu adalah kendaraan para polisi hutan ketika melakukan patroli memburu para pembalak liar maupun pemburu satwa.

"Dua gajah itu terbunuh awal minggu lalu setelah berpatroli, saat itu polisi hutan sedang tidur," kata Basrul.

Kematian dua gajah itu sangat disayangkan, tak hanya oleh polisi hutan yang merasa terbantu. Kematian keduanya juga kehilangan berarti bagi ekosistem Gajah Sumatera yang saat ini tinggal 3.000 ekor.

Habibat gajah makin menipis karena aksi pembalakan liar dan pembabatan hutan. Akibatnya konflik antara gajah dan manusia kerap terjadi. Saat ini ada 20 gajah yang tinggal di Pusat Pelatihan Gajah Seblat di dalam kompleks taman nasional. Empat diantaranya digunakan untuk patroli, termasuk dua gajah betina yang tewas ditembak.

• VIVAnews
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. Ini berita mengenai matinya gajah di PKG Seblat atau di TNKS sih??

    Setahu saya baru-baru ini yang mati adalah gajah di PKG Seblat dan matinya juga kabarnya ditembak oleh oknum yang menjaga perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan disekitar PKG Seblat, bukan karena kekesalan pembalak liar.

    Ada yang bisa kasih info yang lebih jelas mengenai kematian gajah ini??

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam

    BalasHapus