Kabar dari Enggano

Beberapa informasi yang dapat saya share ke kawan-kawan :
Kegiatan pertama yang kami ikuti ada rapat adat masyarakat enggano, beberapa keputusan masyarakat enggano terkait dengan rencana agusrin menyerahkan enggano kepada tomi winata. Masyarakat enggano bersama pemerintah daerah harus menjadi penentu setiap investasi yang datang ke enggano. dan Investasi yang datang ke enggano tidak di pulau besar melainkan di pulau-pulau kecil di enggano seperti pulau merbau dll.
masyarakat desa kaana melakukan penanaman bakau yang dipimpin oleh pak aripin.. jumlah pohon bakau yang ditanam kurang lebih 200 batang...
dari hasil ku jalan-jalan ke beberapa desa dan melihat kondisi masyarakat... yang dapat aku simpulkan adalah masyarakat enggano akan mengalami perubahan besar bila mereka memiliki listrik yang merata, artinya sangat penting untuk membangun semacam PLTMH karena ada dua sungai yang mungkin dapat dibuat PLTMH.
Kenapa PLTMH? karena persoalan yang dihadapi masyarakat sekarang adalah krisis BBM, tidak ada es batu untuk mengawetkan ikan, dll.
persoalan transportasi juga hal yang sangat penting untuk diselesaikan...
mungkin ulayat eksekutif atau aman bengkulu bisa mencarikan donor yang mau membiayai PLTMH di enggano...
Share on Google Plus

About Portal Ulayat

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar