Fasilitas Wisata Alam

Jenis-jenis fasilitas wisata yang terdapat di Pusat Konsevasi Gajah Seblat adalah sbb:

No. Jenis Fasilitas Jumlah Kondisi
a. Kantor
b. Rumah generator listrik
c. Camp penginapan
d. Klinik
e. Pusat Informasi
f. Kamar mandi/toilet
g. Barak
h. Jembatan penyebrangan 1 buah
Sumber : Hasil pengamatan langsung

Dari data di atas diketahui bahwa kondisi fasilitas oyek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara sampai saat ini belum mendapat perhatian yang serius. Masih banyak sekali kekurangan-kekurangan di masing-masing obyek wisata. Dilihat dari fasilitas yang sudah ada, perlu sekali penambahan fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan pariwisata seperti shelter, sarana MCK, musholla, lapangan parkir, stasiun pengamatan, cafetaria/souvenir shop, pos jaga, tempat pengamatan satwa, wisma tamu, pusat informasi, jalan setapak, serta fasilitas wisata lain yang disesuaikan menurut kebutuhan saat ini terutama pada tempat-tempat yang belum dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai obyek wisata alam perlu segera dilaksanakan. Hal tersebut untuk meningkatkan jumlah pengunjung, kenyamanan dan keamanan pengunjung, baik untuk saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Berdasarkan pengamatan di lokasi obyek wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, terdapat beberapa fasilitas yang kondisinya kurang baik, seperti sarana MCK dan jalan setapak di TWA Arga Tirta, camp penginapan dan sarana jalan di PKG Seblat, serta shelter di Cagar Alam Air Rami.

Aksesibilitas di masing-masing obyek wisata menurut pengunjung dan juga petugas adalah pencapaian lokasi wisata yang sangat jauh. Di TWA Arga Tirta pengunjung mesti jalan kaki untuk masuk ke dalam kawasan, sedangkan di PKG Seblat dan Cagar Alam Air Rami terlalu jauh dari Kota Arga Makmur yaitu bisa mencapai 100 Km lebih dan membutuhkan waktu perjalan selama kurang lebih 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Kebersihan lokasi dinilai baik karena cukup bersih. Hal ini dikarenakan jumlah pengunjung yang datang belum mencapai skala yang besar dan belum memberikan dampak yang berarti. Namun hal ini perlu mendapat perhatian dan pengamanan, karena jika sudah terlalu bayak sampah akan sulit untuk dibersihkan kembali. Terutama daerah-daerah yang rawan akan sampah, seperti di sekitar shelter dan jalan setapak.

Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar