Daya Tarik

Hasil pengamatan di lapangan diketahui bahwa Kabupaten Bengkulu Utara memiliki beberapa tempat yang berpotensi sebagai obyek wisata alam. Dari beberapa tempat tersebut diambil 3 obyek penelitian yang berkemungkinan dilakukannya pengembangan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Lokasi-lokasi tersebut adalah; Pusat Konservasi Gajah (PKG) Seblat, Cagar Alam Air Rami dan Taman Wisata Alam Arga Tirta.
Ketiga lokasi tersebut terdapat di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kota Arga Makmur dan Kecamatan Putri Hijau ± 100 Km dari Kota Arga Makmur. Sebagian dari obyek wisata alam tersebut telah dimanfaatkan dan dikembangkan, sedangkan yang lainnya belum dimanfaatkan.

Pada Tabel 6. di bawah ini menunjukkan daya tarik yang dimiliki pada 3 lokasi obyek wisata alam di Kabupaten Bengkulu Utara.

Tabel 6. Daya Tarik Obyek Wisata Alam
- Atraksi gajah
- Pemandangan alam
- Sungai seblat
- Flora (Hutan dataran rendah)
- Fauna (gajah, rusa, harimau, lutung, babi hutan, burung rangkong, dll)


Daya tarik utama tempat ini adalah satwa gajah dan hutan dataran rendah. Kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan di dalam kawasan adalah atraksi gajah, rally gajah, hiking, pengamatan satwa/burung sambil menunggangi gajah, memancing dan susur sungai dengan gajah.

Sarana wisata di PKG Seblat belum begitu memadai untuk kegiatan pariwisata. Di PKG Seblat baru tersedia camp/penginapan yang digunakan untuk para pawang gajah, klinik untuk perawatan gajah, pos informasi, instalasi air dan generator listrik. Perlu penambahan beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan pariwisata, seperti sarana jalan menuju kawasan, cafetaria, kios cinderamata, parkir dan jembatan penyebrangan/sarana penyeberangan yang memadai.
Beberapa alasan pemilihan Pusat Konservasi Gajah (PKG) Seblat sebagai obyek pariwisata antara lain :
(a) Terdapatnya satwa langka yaitu gajah di Kabupaten Bengkulu Utara
(b) Di dalam kawasan PKG kaya akan berbagai jenis satwa
(c) Topografi yang unik dan tempatnya tidak jauh dari sumber air (dekat dengan sungai seblat)
(d) Jalan menuju lokasi melewati jalan lintas barat, yaitu jalan menuju Kota Padang Sumatera Barat
Share on Google Plus

About Loenbun Saja

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar